Xavi Pertanyakan Sikap Barca?

Legenda Barcelona, Xavi Hernandez nampak geram dengan menajemen mantan klubnya yang sekarang. Dalam pandangan Xavi, Barcelona yang saat ini mengalami penurunan lantaran kurang memberikan kesempatan kepada para pemain lulusan La Masia.

Xavi sendiri mengakui bahwa perjalanan menuju sebagai pemain inti Barca memang tidak mudah, bisa dilihat mereka telah diisi oleh bintang-bintang kelas dunia dan situasi ini lah yang membuat para pemain muda sangat sulit untuk masuk ke line up inti Barca.

Meski begitu, Xavi menilai bahwa harus ada kesempatan khusus bagi pemain akademi lulusan La Masia untuk unjuk gigi.

“Barca kurang memperhatikan La Masia, bisa kita lihat mereka yang sekarang sangat jarang memberikan kesempatan kepada lulusan akademi. Harus diperkuat, maka anda harus melihat ke apa yang sudah anda miliki. Selama masa keemasan Barcelona, 60 persen timnya berasal dari akademi. Thiago, misalnya, memilih pergi. Dia berhak melakukannya karena merasa tidak diberi kesempatan di Barcelona. Akan tetapi yang paling penting adalah kesabaran karena Barcelona sangat sulit untuk dimasuki ke bagian inti,” pernyataan Xavi.

Xavi pun tak sepenuhnya melihat Barca mengalami penurunan, dia melihat Barca hanya mengalami penurunan performa ketika kalah dari Real Madrid saja. Sebagai bukti, Xavi membandingkan perjalanan Barca usai kekalahan tersebut dan mereka pun berhasil meraih dua kemenangan beruntun dipentas La Liga Spanyol.

“Setelah Supercopa de Espana, Barca masih tetap bermain lebih bagus dari para lawannya. Hal ini sudah berlangsung bertahun-tahun. Musim lalu Barca bahkan bermain lebih baik dari Madrid dalam pertandingan di Santiago Bernabeu. Mereka juga melanjutkan ketika bermain di Camp Nou, ini hanya masalah waktu dan saya yakin Barca akan mempu keluar dari masa sulit ini,” Xavi mengakhiri.

Sharing is caring!