Xavi Nilai Ronaldo Tak Pantas Menangi Ballon d’Or

Ronaldo

Eks bintang Barcelona, Xavi Hernandez, menilai Cristiano Ronaldo tak pantas memenangi Ballon d’Or tahun ini. Apa alasan Xavi berkata demikian?

Ronaldo memenangi gelar tersebut setelah mendapat suara terbanyak dalam jajak pendapat yang dilakukan Majalah France Football terhadap jurnalis olahraga di seluruh dunia, Ronaldo mengumpulkan suara dua kali lipat lebih banyak dibanding Lionel Messi yang ada di belakangnya.

Melihat pencapaiannya musim ini, jelas Ronaldo pantas menggungguli Messi. Ronaldo dapat trofi Liga Champions dan mengantar Portugal menjuarai Piala Eropa. Sementara Messi tidak mampu memberi Argentina trofi Copa America Centenario setelah kalah dari Chile di final.

Namun, Xavi tidak sependapat dengan itu karena Ballon d’Or tak sekadar hanya dinilai dari trofi apa saja yang didapat sepanjang tahun, tapi juga soal skill serta aksi di atas lapangan. Terkait itu, Messi dianggap unggul jauh ketimbang Ronaldo.

“Mereka menghitung jumlah trofi yang dimenangi tapi di tahun-tahun lainnya mereka tidak memakai tolak ukur tersebut untuk menentukan pemain terbaik dunia,” ujar Xavi seperti dikutip Soccerway.

“Leo Messi tetap yang terbaik meski pemain lain memenangi trofi lebih banyak,” sambungnya.

Bagi Ronaldo, ini adalah trofi Ballon d’Or keempat untuknya. Terkait komentar Xavi tersebut, pemain Portugal itu tidak mau memusingkannya.

“Semua orang tahu bahwa siapapun ingin menjadi tajuk utama maka harus membicarakan soal saya. Xavi tidak memenangi satu pun Ballon d’Or, sementara saya punya tiga,” sahut Ronaldo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *