Wasit Curang, laga Afrika Selatan vs Senegal Akan Diulang

FIFA akhrinya memutuskan supaya laga timnas Afrika Selatan kontra timnas Senegal di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika kembali dilaksanakan dari awal. Ini berhubungan dengan sanksi yang diberikan pada wasit yang memimpin kala itu.

Wasit tersebut adalah Joseph Lamptey, dari Ghana. Dia mendapat hukuman berat lantaran keputusannya yang fatal pada laga timnas Afrika Selatan kontra timnas Senegal, di tanggal 12 November 2016 lalu. Dalam laga itu, Afsel menang dengan skor 2-1, Lamptey memberikan Afsel hadiah penalti karena handball Kalidou Koulibaly. Namun, dalam rekaman bahwa bola hanya terkena pada lutut Koulibaly.

FIFA menilai jika Joseph Lamptey sudah melakukan tindakan curang pada laga tersebut. FIFA akhirnya memberikan sanksi seumur hiduo untuknya dari semua kegiatan yang berhubungan dengan sepakbola, baik di level nasional atau internasional. Hukuman bagi wasit ini semakin kuat dari putusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Sebagai prosesnya, pihak federasi meminta supaya laga kedua timnas ini kembali diulang. Laga ini akan dihelat di November yang akan datang.

” Laga ini akan kembali dimainkan lagi dalam jeda internasional November nanti, dengan tanggal pasti yang akan dirundingkan lebih dulu. Hal ini berhubungan dengan aturan di Piala Dunia. Namun, kami akan menanti konfirmasi dari panitia penyelenggara dalam kompetisi FIFA di rapat selanjutnya yang akan dilaksanakan 14 September nanti, ” papar FIFA di situs resmi mereka.

Timnas Senegal dan timnas Afrika Selatan berada di posisi yang ketiga dan keempat di Grup D pada kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika. Keduanya berada di bawah Burkina Faso dan Cape Verde. Hanya juara tiap grup yang dipastikan akan melaju ke babak final.

Sharing is caring!