Valverde: Kemenangan Tanpa Penonton Sangat Aneh Bagi Barca

Ernesto Valverde mengakui jika kemenangan Barcelona atas Las Palmas dilanjutan pekan keenam La Liga Spanyol malam tadi adalah sesuatu yang aneh bagi tim besar sekelas Barcelona, terlebih lagi kemenangan itu didapat dikandang sendiri, Camp Nou.

Keanehan yang dirasakan Valverde bisa dilihat ketika Barcelona menang telak 3-0 atas Las Palmas di stadion Camp Nou yang tidak dihadiri satu orang penonton. Dua gol Lionel Messi dan satu gol Sergio Busquets dan dua dari Lionel Messi melengkapi rekor kemenangan 100 persen Barca dimusim ini.

Meski meraih kemenangan, namun pertandingan tanpa penonton ini akan selalu menjadi kenangan Barca dipentas La Liga Spanyol. Momen ini tak lepas dari aksi penolakan La Liga atas rencana penundaan laga yang diminta Barca.

Rencana penundaan laga Barca sendiri terkait terjadinya banyak tindak kekerasan dalam referendum kemerdekaan Catalan, yang oleh pemerintah Spanyol dianggap tidak dijalankan sesuai izin dan aturan yang ada.

Momen ini juga memunculkan reaksi dari Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu yang mengatakan bahwa keputusan untuk bermain tanpa penonton adalah hasil dari penolakan tersebut dan kata-kata ‘Democracia’ yang sempat muncul dipapan skor Camp Nou.

Valverde yang selalu ada disamping Barca sempat menyadari adanya perbedaan dalam penampilan anak asuhnya, namun secara perlahan Messi cs mampu mengembalikan permainan terbaiknya dengan sukses menutup laga dengan kemenangan.

“Jelas sulit, ini aneh bagi semua orang dan juga kami sebagai Barcelona. Kami tahu klub coba menunda pertandingan. Akan tetapi itu tidak mungkin dan kami bermain tanpa penonton,” bukan Valverde.

“Klub ingin memberikan sesuatu pada Catalan. Ini adalah keputusan yang mereka ambil. Semuanya sangat rumit, bagi tim ini adalah situasi yang baru dan kami harus hadapi. Kemarin kami berharap semuanya akan tenang dan sepertinya bukan itu yang terjadi. Mari sama-sama berdoa semuanya akan selesai dengan baik, saya bukan politisi dan saya hanya berharap semua berjalan baik-baik saja.” Valverde mengakhiri.

Sharing is caring!