Terima Suap Rp 276 Ribu, Wasit Ini Diskors Seumur Hidup

wasit sepakbolaSanksi seumur hidup harus diterima empat wasit sepakbola karena mendapat sogokan untuk skor pertandingan. Sogokan itu padahal hanya berjumlah total Rp 276 ribu.

Kejadian itu sendiri terjadi di Malawi, satu negara di bagian selatan Afrika. Wasit utama Aziz Nyirenda, asisten wasit Limbani Chisambi dan Stephano Gomani, serta wasit keempat Jimmy Phiri seluruhnya terlibat.

Mereka berempat dinyatakan bersalah pada skandal pengaturan skor dalam partai lokal yang mempertemukan Nchalo United dengan Chitipa United. Pada pertandingan ini Nchalo United kalah adu penalti usai bermain seri 1-1.

Ternyata sebelum pertandingan tersebut Nchalo United telah memberi uang senilai 15 ribu Kwacha (sekitar Rp 276 ribu) kepada wasit, yang bertujuan agar mereka lah yang keluar sebagai pemenang.

Tetap tumbang kendati telah menyuap, Nchalo United pun langsung menuntut Nyirenda supaya mengembalikan semua uang itu. Akan tetapi sang wasit hanya mengembalikan 10 ribu Kwacha (Rp 180 ribu). Kabarnya Nyirenda membagi sisa 5 ribu Kwacha kepada salah seorang rekannya pada laga bermasalah itu, tanpa sepengetahuan dua rekan lainnya. Merasa tak puas, Nchalo United melapor ke pihak berwenang.

Dan keputusan akhirnya pun diketahui, Asosiasi National Wasit (NRA) di Malawi menjatuhi hukuman berat kepada keempat wasit tersebut bersalah dalam kasus pengaturan skor pertandingan. Sanksinya berupa skorsing seumur hidup.

“Atas jajak pendapat pada 23 September lalu telah diputuskan jika pengaturan skor pertandingan adalah satu pelanggaran berat, dan itu salah satu hal yang menodai sepakbola di negeri ini dan juga dunia,” ucap keterangan NRA yang dikutip times.mw.

“Komite Disiplin (NRA) memutuskan jika sangat tepat untuk memberi sanksi itu sebagai usaha untuk menghapus praktik memalukan seperti itu di masa mendatang,” lanjut pernyataan tersebut.

Sharing is caring!