Tekad Juang Barcelona

Tekad Juang Barcelona

Barcelona kini masih ketinggalan dari Real Madrid di papan klasemen, tapi pengalaman beberapa musim lalu jadi salah satu inspirasi Blaugrana untuk terus berjuang.

Barca harus puas dengan tambahan satu angka ketika berimbang 1-1 dengan Madrid di El Clasico pertama musim ini, Sabtu (3/12/2016), setelah gol Sergio Ramos untuk tim tamu di menit-menit akhir membuyarkan keunggulan tuan rumah lewat Luis Suarez.

Dengan hasil tersebat Barca kini masih berada di posisi dua papan klasemen La Liga dengan 28 poin, ketinggalan enam angka dari Madrid yang bertengger di puncak klasemen sejak jornada 9.

Pun begitu, Barca bisa tetap optimistis dengan peluang juara. Toh di musim 2014-15, musim perdana Luis Enrique melatih klub Catalunya itu, Barca pernah menyalip Madrid bahkan ketika musim menyisakan 13 laga lagi.

Saat itu Madrid memuncaki klasemen dari jornada 10 sampai 25. Tapi sedari awal Maret, pada jornada 26, Barca merebut peringkat teratas. Posisi ini ditempati Barca sampai akhir musim untuk menjuarai La Liga 2014-15 dengan keunggulan dua angka atas Madrid.

“Segalanya sedang berjalan tepat buat Real Madrid dan tujuan mereka dalam 90 menit adalah melanjutkan rentetan tak terkalahkannya, tapi pengalaman sudah memperlihatkan bahwa musim masih panjang,” kata bek Barca Gerard Pique di Soccerway.

“Di tahun pertama Luis Enrique, pada 2014-15, kami dalam situasi mirip. Mereka menjalani laju bagus dan punya keunggulan empat poin. Semua bergantung pada kami sendiri dan bagaimana kami bermain. Kalau kami memulihkan gaya kami, yang tidak kami lakukan (pada hari Sabtu), maka kami bisa saja tak teredam dan membalikkan keadaan.

“Kami dalam jalur bagus, harus tenang karena jalan masih panjang. Saya pernah melihat situasi yang lebih parah,” tutur pemain internasional Spanyol yang kini sudah menjalani 25 El Clasico dalam kariernya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *