Steve McManaman: La Liga Spanyol Tepat Terapkan VAR

Steve McManaman: La Liga Spanyol Tepat Terapkan VARSteve McManaman menilai La Liga Spanyol telah tepat menerapkan VAR, untuk terus bersaing sebagai salah satu kompetisi sepakbola terbaik di dunia.
Perubahan cukup besar dilakukan La Liga Spanyol pada musim 2018/19 ini. Salah satu yang paling disorot tentu saja pengaplikasian Video Assistant Referee (VAR).

Setelah musim lalu digunakan lebih dahulu oleh Serie A Italia dan Bundesliga Jerman, kemudian sukses diaplikasikan di Piala Dunia 2018, VAR perlahan jadi bagian tak terpisahkan di sepakbola modern dan mulai musim ini diaplikasikan di La Liga.

Walau masih banyak pula pandangan kontra terhadap VAR yang mengurangi nilai estetika sepakbola, legenda Real Madrid, Steve McManaman, menilai La Liga telah membuat keputusan yang tepat.

“Fakta bahwa VAR bekerja dengan baik di Piala Dunia 2018 lalu dan La Liga memutuskan untuk menggunakannya musim ini, menurut saya itu adalah hal yang sangat bagus,” tutur McManaman, dalam wawancara eksklusifnya dengan Goal Indonesia.

“Jika ada keputusan yang harus dipastikan, VAR akan membantu wasit untuk membuat keputusan yang benar. Saya pikir itulah yang Anda butuhkan.

McManaman pun percaya hanya masalah waktu untuk beberapa kompetisi besar sepakbola lain layaknya Liga Primer Inggris dan Liga Champions, untuk segera mengaplikasikan VAR.

“Saya pikir VAR akan hadir di EPL sesegera mungkin, mungkin tahun depan, juga Liga Champions. Terpenting adalah dengan adanya VAR, mayoritas keputusan bakal diputuskan dengan benar,” ungkapnya.

Figur berusia 46 tahun itu kemudian menilai La Liga sudah berada di jalur yang benar, untuk bisa jadi kompetisi sepakbola terpopuler. Inovasi yang terus dilakukan dan promosi yang gencar dilakukan, membuat McManaman optimistis La Liga akan segera mendominasi pasar sepakbola dunia.

“Saya pikir La Liga sudah melakukan yang terbaik, saya pikir mereka terus berusaha membuat La Liga semakin populer. Mereka selalu berusaha mendapatkan lebih banyak penggemar,” terangnya.

“Mengganti jam bermain yang lebih bersahabat, putaran pertama El Clasico musim ini juga dihelat dalam waktu yang sangat bersahabat, di mana itu sangat penting. Mereka terus berusaha membuat perubahan dan itu jadi segala hal yang memang harus dilakukan untuk hadirkan perubahan.

“Popularitas La Liga terus berkembang dan itu hal yang bagus. Mereka mendominasi [prestasi] di Eropa, dan ketika Anda bisa hadirkan pertunjukan yang bagus dari liga ini kepada dunia, saya pikir itulah yang terpenting,” tandasnya.

Sharing is caring!

Leave a Reply