Quaresma Buka Jalan Portugal Raih Tiga Poin

Ricardo Quaresma

Cristiano Ronaldo boleh jadi bintang berkat dua golnya ke gawang Latvia. Tapi, menurut pelatih Portugal Fernando Santos, Ricardo Quaresma-lah yang menginspirasi kemenangan timnya.

Menghadapi Latvia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Senin (14/11/2016) dinihari WIB, Portugal memang tampil dominan dan menciptakan banyak peluang.

Tapi, Portugal hanya bisa unggul 1-0 di babak pertama lewat penalti Ronaldo. Di babak kedua Latvia malah bisa menyamakan kedudukan lewat Arturs Zjuzins setelah beberapa menit sebelumnya Ronaldo gagal mengeksekusi penalti.

Portugal pun sempat dilanda kepanikan sebelum Santos akhirnya memasukkan Quaresma demi menyegarkan lini serangnya. Keputusan itu berbuah manis karena Quaresma langsung menyumbang assist untuk gol William Carvalho di menit ke-70 yang membawa Portugal memimpin lagi 2-1.

Quaresma juga yang mendonasikan assist untuk gol kedua Ronaldo sekaligus membawa Portugal menjauh jadi 3-1, sebelum ditutup gol Bruno Alves di masa injury time.

“Kami membuat segalanya jadi rumit di babak pertama karena tak cukup intens dalam bermain. Dalam hal penguasaan bola, kami bagus, tapi kami kurang cepat dalam permainan kami,” ujar Santos.

“Saat jeda, saya bicara kepada para pemain dan kami bisa bermain lebih baik, kami membuat banyak peluang, bermain sedikit lebih cepat, tapi kami kebobolan gol. Namun, tim langsung bereaksi dengan baik dan mendapat gol,” sambungnya.

“Masuknya Quaresma berjalan sangat baik, karena ketika kami pikir laga ini mudah, maka kami menyulitkan diri sendiri.”

“Untungnya, gol William datang dengan cepat dan setelahnya kami bisa mencetak gol lagi. Harusnya kami bermain dengan intensitas sama sepanjang laga,” tutupnya.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *