Portugal Atasi Latvia

Ronaldo vs Latvia

Portugal menempel Swiss, pemuncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018, seusai menang 4-1 atas Latvia di Algarve, Minggu (13/11/2016) atau Senin dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo menjadi pusat pemberitaan pada laga ini. Meski sukses mencetak dua gol, kapten Portugal itu gagal mengeksekusi penalti pada kesempatan keduanya.

Kegagalan penalti Ronaldo itu sempat memberi harapan bagi Latvia yang mencetak gol balasan melalui Arturs Zjuznis. Namun, Portugal kembali unggul lewat gol William Carvalho.

Portugal selaku tuan rumah pada laga ini tampil mendominasi. Mereka memiliki 70 persen penguasaan bola dan 25 peluang mencetak gol, berbanding 7 milik Latvia.

Kendati demikian, Portugal baru bisa memecah kebuntuan saat Nani dijatuhkan Gints Freimanis di kotak terlarang pada menit ke-27. Penalti untuk Portugal.

Ronaldo sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan peluang. Kiper Andris Vanins masih bisa menebak arah bola, tetapi tendangan Ronaldo terlalu deras dan bersarang di pojok kiri gawangnya.

Ronaldo berkesempatan menggandakan keunggulan Portugal pada menit ke-59 dari titik putih seusai Andre Gomes dilanggar. Namun, tendangan dia mengenai tiang dan kiper lalu kembali ke lapangan.

Menekan terus, Portugal dikejutkan oleh gol balasan Latvia pada menit ke-67. Arturs Zjuznis memanfaatkan bola muntah tendangan Artjoms Rudnevs yang diblok Fonte untuk membuat skor sama kuat.

Akan tetapi, kegembiraan Latvia hanya bertahan dua menit. William Carvalho kembali membawa tuan rumah memimpin lewat sundulannya memanfaatkan umpan silang Ricardo Quaresma.

Quaresma kembali menjadi kreator gol ketiga Portugal. Kali ini, umpan dia diselesaikan oleh Ronaldo dan mengubah skor menjadi 3-1.

Gol Bruno Alves pada menit kedua masa injury time memantapkan kemenangan Portugal menjadi 4-1. Skor itu bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Portugal berada di peringkat kedua dengan koleksi 9 poin dari empat pertandingan. Posisi puncak diisi oleh Swiss yang meraih hasil sempurna dalam empat pertandingan.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *