Pilar Timnas Indonesia AFF Berjam Terbang Tinggi di TSC 2016

Pilar Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sejatinya memang merupakan penggabungan dari para pemain terbaik yang dimiliki Indonesia. Pelatih Tim Merah-Putih, Alfred Riedl, menjadikan ajang Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo, sebagai acuan utama menilai kualitas pemain yang diangkut mengikuti pelatnas Piala AFF 2016.

Dalam memilih pemain, pelatih asal Austria itu sangat fleksibel. Ia terus memantau jalannya kompetisi TSC 2016, untuk mencari pemain-pemain sesuai kebutuhan strategi.

Sebagai contoh Gunawan Dwi Cahyo. Pada awalnya bek Persija Jakarta tersebut tidak masuk hitungan seleksi Timnas Indonesia. Namun, seiring menterengnya performa Gunawan di TSC 2016, ia akhirnya dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Tim Garuda di Karawaci, Tangerang. Ia punya kans besar bermain dalam dua uji coba melawan Myanmar dan Vietnam.

Jika melihat komposisi skuat Tim Merah-Putih proyeksi Piala AFF 2016 memang agak unik. Tidak semua pemain Timnas Indonesia memiliki jam terbang tinggi di level klub. Alfred juga memasukkan pertimbangan style bermain per individu yang sesuai dengan karakter strategi permainan yang ia kembangkan.

Misalnya saja Syahroni saat pelatnas di Sleman pada 20-25 Oktober 2016. Sang gelandang bukan pilihan utama di Persija. Namun, dari sejumlah laga Tim Macan Kemayoran di TSC 2016, Alfred melihat potensi sang pemain untuk bisa memberi kontribusi pada Timnas Indonesia.

Ada beberapa pemain lain juga demikian. Misal Rudolof Yanto Basna, yang posisinya di Persib Bandung belum paten benar. Alfred yang ingin menyegarkan timnas dengan pemain-pemain belia, kepincut dengan bek serbabisa asal Papua tersebut yang baru berusia 20 tahun.

Tapi itu hanya kasus-kasus tertentu saja. Mayoritas pemain Timnas Indonesia saat ini punya jam terbang tinggi diTSC 2016. Bisa dibilang mereka tulang punggungklubnya mengarungi ketatnya persaingan kompetisi kasta elite.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *