Pelatih Anyar Persebaya Kesulitan Menentukan Komposisi Pemain

Jika merujuk pada aturan pemain di kompetisi Divisi Utama, maka setiap tim peserta hanya diperbolehkan mengontrak dan menurunkan pemain di atas usia 25 tahun, maksimal lima orang. Artinya, jumlah pemain senior akan dipangkas.

“Rata-rata klub-klub yang lain juga agak kesulitan. Dalam arti pembagian lima pemain senior itu harus betul-betul punya kualitas. Dan untuk pemain muda yang 25 tahun ke bawah, itu juga harus punya pengalaman dan kualitas,” tutur caretaker Persebaya, Ahmad Rosyidin, Rabu (18/1) pagi.

Dari puluhan pemain yang mengikuti latihan beberapa bulan terakhir, kurang lebih 10 nama sudah berusia di atas 25 tahun. Mereka di antaranya adalah Habib Syukron, Jefri Prasetyo, Benny Rahman, Rendi Irwan Saputra, Choirul Anam dan termasuk Mat Halil.

“Kita juga ada beberapa pemain yang usianya di bawah 25 tahun, seperti Misbahus Sholikin, Dimas Galih, Taufan Hidayat dan Rizal,” sambung Ahmad.

Menurut Ahmad, akan menjadi tugas pelatih kepala dan manajemen untuk memilah pemain senior terbaik. “Yang menjadi beban manajemen adalah lima pemain senior itu. Mungkin investor juga mencari yang punya kualitas. Beban saya juga yang di lapangan. Anak-anak yang sudah lama latihan, tahu-tahu tidak dipakai, saya juga yang susah,” keluhnya.

Ahmad kembali menegaskan bahwa penentuan materi pemain ada di tangan pelatih. “Yang jelas ada head coach. Saya hanya mempersiapkan pemain saja mana pemain yang dipakai,” tutup mantan pelatih Surabaya Muda ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *