Manajer-manajer Top Yang Sedang Tidak Melatih

Luis Enrique.Pelatih menjadi sosok yang sangat petning dalam mengantarkan sebuah klub menuju prestasi. Namun, pelatih juga dianggap sebagai sosok yang paling bertanggung jawab jika klub gagal memperoleh hasil yang maksimal.

Ancaman pemecatan tidak pernah jauh dari bayangan pelatih jika tidak bisa menunjukkan kinerja yang bagus. Musim ini, nama pelatih top seperti Frank De Boer dan Andries Jonker harus kehilangan pekerjaannya walaupun baru beberapa kali memimpin timnya.

Meskipun begitu, untuk klub yang punya rencana untuk melakukan pergantian pelatih mungkin saja tidak perlu bingung untuk mencari kandidatnya. Ada beberapa pelatih ternama yang saat ini masih belum punya pekerjaan. Berikut ini lima pelatih tenar yang sedang tidak melatih:

Walter Mazzarri
Walter Mazzarri
Dari malam Liga Champions bersama Napoli sampai ke Premier League bersama Watford, Walter Mazzarri sudah pernah merasakan semuanya. Sebelum menangani Inter Milan pada musim panas 2013, Mazzarri sudah membangun tim yang sangat bagus di Napoli sehingga bisa tampil di Liga Champions.

Kepindahannya menuju Inter Milan dinilai sebagai sebuah kemunduran oleh banyak pihak karena Nerazzurri memakai enam pelatih dalam tiga tahun sebelum mengangkat Mazzarri. Tidak mengejutkan jika dia gagal mengatasi tekanan untuk membawa tim kembali kepada kesuksesan dan dipecat setelah hanya melatih di 58 pertandingan.

Thomas Tuchel
Thomas Tuchel
Setelah meraih kesuksesan bersma Mainz 05, Thomas Tuchel dianggap sebagai pengganti jangka panjang Jurgen Klopp yang meninggalkan Westfalenstadion untuk Liverpool. Klopp dan Tuchel punya sejumlah kesamaan mengingat keduanya punya filosofi sepakbola menyerang. Tuchel juga mampu membuat Borussia Dortmund tampil atraktif di Bundesliga.

Setelah ditinggalkan oleh beberapa pemain kuncinya ke Bayern Muenchen dan tim papan atas Eropa lainnya, Tuchel tak mampu bersaing dengan Bayern karena mereka banyak dipenuhi pemain muda dan belum berpengalaman. Mereka berhasil memenangkan DFB Pokal dengan setelah Eintracht Frankfurt tapi itu tidak cukup membuatnya terhindar dari pemecatan.

Luis Enrique
Luis Enrique
Setelah gagal bersama AS Roma, Luis Enrique pulang kampung ke Spanyol untuk menangani Celta Vigo dan tim Spanyol tersebut tampil cemerlang di bawah asuhannya, finis di peingkat sembilan di La Liga dengan sumber daya terbatas.

Sebagai mantan pemain Barcelona yang sudah sangat paham dengan filosofi klub, Enrique kemudian ditunjuk menangani raksasa Catalan itu. Ia pun meraih kesuksesan besar di sana, yang pertama sejak era Josep Guardiola. Di bawah Enrique, Barcelona memenangkan treble pada tahun 2015.

Sharing is caring!