‘Liverpool Tak Punya Kiper Level Juara’

Mourinho

Kiper dinilai jadi salah satu tantangan besar Liverpool untuk memburu gelar juara Premier League musim ini. Mereka dinilai tak punya kiper yang cukup kapabel.

Hal tersebut diungkapkan eks bek Manchester United dan tim nasional Inggris, Gary Neville, usai melihat Liverpool takluk 3-4 dari Bournemouth. Performa kiper Liverpool, Loris Karius, disoroti karena dinilai berperan besar dalam hasil itu.

Salah satu yang paling mencolok adalah aksi Karius di gol terakhir Bournemouth yang dicetak Nathan Ake. Dia gagal menangkap bola tendangan Steve Cook yang relatif mudah dengan sempurna, hingga kemudian memantul dan disambar Ake.

Neville menilai sejauh ini Karius masih terlihat canggung. Hal ini pada prosesnya membuat skuat Liverpool, khususnya sektor pertahanan menjadi gugup dan rentan melakukan kesalahan.

Untuk level tim yang memburu gelar, Liverpool dinilai tak punya ketenangan yang diberikan kiper-kiper sekelas Thibaut Courtois di Chelsea dan David de Gea di Manchester United.

“Kiper bisa menularkan kegugupan ke seluruh lapangan dan ke seluruh anggota tim. Kiperkiper seperti Karius, itulah yang mereka lakukan, mereka bagus dalam hal itu, mereka bagus dalam menyalurkan kegugupan,” kata Neville dikutip Standard.

“Mereka pada dasarnya melakukan hal-hal yang mengganggu ketenangan semua orang. Suporter mulai sedikit panik, sementara Courtois dan De Gea sekarang, dan Van der Sar, kiper-kiper tipe ini, Anda mempercayai mereka. Mereka bisa diandalkan.”

“Mereka adalah tipe kiper yang memenangi liga dengan Anda. Tapi tantangan untuk Liverpool adalah pertahanan, sudah selalu jadi persoalan beberapa tahun terakhir, juga sekarang kiper,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *