Lionel Messi Raih Trofi Sepatu Emas

Pentolan Barcelona, Lionel Messi, berhasil mengemas trofi sepatu emas atau penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak di Eropa pada kampanye musim 2016/17 kemarin. Dengan demikian, Bintang Argentina telah mengemas 4 trofi serupa, sama dengan raihan rival abadinya, Cristiano ronaldo.

Lionel Messi Raih Trofi Sepatu Emas

Sebagaimana diketahui, Lionel Messi memang tampil apik pada kampanye musim 2016/17 kemarin. Meskipun sebagai tim dia gagal membantu Barcelona mempertahankan trofi La Liga Spanyol dan hanya bermain hingga babak perempat final Liga champions Eropa, namun secara individu, Messi tampil ciamik. Dia mencatatkan 37 gol di ajang La Liga spayol dan meraih El Phichichi.

Dengan jumlah tersebut, praktis Messi adalah pemain dengan catatan gol terbanyak di Eropa, dari lima liga top yang di akui UEFA. Karenanya, asosiasi sepakbola tertinggi di Eropa tersebut memberikan penghargaan tersebut kepada La Pulga, dan faktanya ini adalah penghargaan serupa ke empat kalinya bagi messi, setelah sebelumnya dia memenangkan penghargaan tersebut pada tahun 2011, 2012 dan 2013.

37 gol yang dikumpulkan Messi membuatnya berada di posisi teratas mengungguli bintang Sporting CP Bas Dost dengan 34 gol di Primeira Liga sementara bomber tajam Borussia Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang berada di peringkat tiga dengan 31.

Cristiano Ronaldo yang meraih penghargaan pada 2008, 2011, 2014 dan 2015 hanya mengumpulkan 25 gol di La Liga musim lalu dan gagal menembus lima besar. Luis Suarez, sang juara bertahan, kali ini berada di urutan lima dengan 29 gol, hanya satu gol lebih sedikit dari striker Bayern Munich Robert Lewandowski.

Sementara di awal musim ini, performa messi juga terbilang apik, kendati tak lagi ditemani Neymar dan Daniel Alves, Messi berhasil mencatatkan tak kurang dari 16 gol dari 19 penampilan di semua ajang untuk Raksasa Catalan.

Sharing is caring!