Kemenangan Arsenal di Awal Tahun 2017

kemenangan Arsenal

Arsenal mengawali tahun dengan meraih kemenangan. Menjamu Crystal Palace di hari pertama 2017, The Gunners menyudahi pertandingan dengan keunggulan 2-0.

Bermain di Emirates Stadium, Minggu (1/1/2017) malam WIB, Arsenal mencetak satu gol di masing-masing babak.

Yang pertama datang dari tendangan akrobatik Olivier Giroud ketika pertandingan baru berjalan 17 menit. Sementara gol yang tercipta di paruh kedua pertandingan dilesakkan oleh Alex Iwobi pada menit 56.

Ini menjadi kemenangan nomor 12 yang didapat The Gunners dari 19 laga yang sudah dijalani musim ini. Mengumpulkan 40 poin, Arsenal kini duduk di posisi tiga klasemen – tertinggal sembilan angka di belakang Chelsea dan terpaut tiga poin dari Liverpool. Arsenal merebut tempat yang sebelumnya dipunya Tottenham Hotspur usai menang 4-1 atas Watford.

Untuk Palace, kekalahan ini semakin mendekatkan mereka dengan zona degradasi. Mereka kini punya 16 poin, hanya unggul dua angka dari Sunderland sebagai klub teratas di zona tersebut.

Saat jalannya pertandingan Arsenal mengawali laga dengan meyakinkan setelah mereka menciptakan shot on goal pertama ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Iwobi dan Alexis Sanchez melakukan kerjasama di luar kotak penalti Palace yang diakhiri dengan tembakan oleh si pemain Chile. Bola yang mengarah ke gawang dihalau ke luar oleh kiper Martin Kelly.

Tekanan tuan rumah berlanjut saat Nacho Monreal melepaskan crossing ke kotak penalti namun bola gagal dijangkau Giroud dan Lucas Perez. Si kulit bundar kemudian dikuasai Iwobi yang meneruskannya ke pada Mohamed Elneny. Sepakan gelandang asal Mesir itu gagal mencapai target karena terhadang pemain lawan.

Palace mencoba membalas dengan membangun serangan balik, meski tidak ada yang membahayakan gawang Petr Cech, apalagi sampai menjadi gol. Sebaiknya, tekanan ‘Gudang Peluru’ berlanjut di menit 12 saat tendangan jarak jauh Alexis masih gagal menemui sasaran.

Tekanan demi tekanan yang dilancarkan Arsenal membuahkan hasil di menit 17, saat Giroud membuat gol akrobatik.

Gol tersebut diawali tusukan Sanchez di sisi kiri hingga mendekati kotak penalti. Sampai di sana dia melepaskan crossing ke arah Giroud di tengah kotak penalti. Meski dalam poisi yang kurang baik, Giroud masih bisa membelokkan bola ke dalam gawang dengan menggunakan kaki kirinya. Gol Giroud ini mengingatkan pada gol yang dibuat Henrik Mkhtaryan ke gawang Sunderland di Boxing Day lalu.

Arsenal melanjutkan dominasiny setelah encetak gol pertama itu. Tuan rumah begitu dominan dalam penguasaan bola, namun begitu gagal menciptaan peluang yang benar-benar bersih untuk menggandakan skor.

Di menit 37 Palace berhasil melepaskan tembakan ke gawang pertamanya. Sepakan Yohan Cabaye dati tepi kotak penalti mengarah tepat ke pelukan kiper.

Palace kembali memiliki kesempatan pada awal babak kedua ketika Christian Beteke berhasil menyambar umpan Townsend namun gagal mengarahkan bola ke bidang sasaran.

Sebelas menit babak kedua berjalan Arsenal sukses mencetak gol keduanya. Adalah Iwobi yang mencatatkan namanya di papan skor saat dia membelokkan bola yang diumpan Monreal dari sisi kiri. Arsenal kini memimpin 2-0.

Dua menit setelah gol Iwobi, Palace punya dua peluang berdekatan. Yang pertama ketika tandukan Benteke meneruskan umpan tendangan sudut berhasil dihalau Cech keluar lapangan. Berikutnya kiper asal Republik Ceko itu menghentikan tendangan jarak jauh Cabaye.

Peluang terbaik Palace datang di menit 60 ketia dari jarak dekat Kelly gagal menyepak bola.

Ancaman lain ke gawang Arsenal datang saat pertandingan tersisa tiga menit. Mendapat bola di dalam kotak penalti, Zaha belum sempat berbuat banyak saat Cech memutuskan untuk menghalaunya.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *