Jawaban Mourinho terkait Dugaan Mengemplang Pajak

Mourinho

Jose Mourinho tiba-tiba jadi sasaran tuduhan penghindaran pajak. Mendapat tuduhan tersebut, Manajer Manchester United itu pun memberikan tanggapannya.

Sebuah konsorsium yang menaungi 12 media di Eropa, termasuk Der Spiegel (Jerman), El Mundo (Spanyol), dan Sunday Times (Inggris), berencana merilis laporan yang mereka sebut “Football Leaks” dalam beberapa pekan ke depan. Laporan sebanyak 18 juta dokumen itu kabarnya menyangkut nama-nama tenar di dunia sepakbola.

Sebagai bagian dari laporan tersebut, sejumlah media menduga Mourinho, juga Cristiano Ronaldo, telah melakukan penghindaran pajak dengan cara memindahkan uang mereka ke negara-nagara “tax haven” seperti British Virgin Islands. Mourinho sendiri diduga telah berusaha menghindari pajak dari pendapatannya yang berasal dari penggunaan image rights-nya untuk endorsement produk.

Agensi sepakbola Gestifute, yang mewakili Mourinho dan Ronaldo, telah membantah dugaan-dugaan tersebut. Mereka memastikan keduanya selalu taat membayar pajak.

“Baik Cristiano Ronaldo maupun Jose Mourinho sepenuhnya mematuhi kewajiban pajak mereka dengan otoritas pajak Spanyol dan Inggris. Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho tak pernah terlibat dalam proses hukum terkait pelanggaran pajak,” tulis Gestifute.

“Setiap sindiran atau tuduhan yang ditujukan kepada Cristiano Ronaldo atau Jose Mourinho terkait pelanggaran pajak akan dilaporkan kepada otoritas yang berwenang dan diadili.”

Mourinho mendapatkan pertanyaan terkait masalah ini seusai MU ditahan imbang Everton 1-1 di Goodison Park, Minggu (4/12/2016).

“Saya telah mengajukan dokumen di Italia, Spanyol, dan Inggris. Tak ada yang saya sembunyikan. Mereka membuktikan bahwa saya tak melakukan sesuatu yang salah,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *