Italia Ditundukkan Spanyol, Ventura Membela

Italia tunduk dengan skor telak saat berhadapan dengan Spanyol yang berujung kritikan pada Taktik Giampiero Ventura. Namun Ventura tekankan kalau opsi yang ia pilih soal taktik tak salah.

Italia meraih hasil negatif dengan skor telak ketika melangsungkan laga pada hari Minggu (3/9/2017) di hari WIB di Santiago Bernabeu di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018. 2 cetak angka dari Isco dan satu cetak angka dari Alvaro Morata bikin Gli Azzurri pulang dengan skor akhir 0-3.

Hasil negatif tersebut telah sudahi sebuah catatan mantap yang dipertahankan oleh Italia sepanjang 11 tahun. Sebelum laga berhadapan dengan Spanyol, Italia tidak penah kalah pada 56 laga kualifikasi, baik Piala Dunia maupun Piala Eropa, terhenti.

“Secara garis besar, ada perbandingan pada tingkat kebugaran dan kualitas. Kami berikan mereka beberapa keadaan dan menolong mereka. Kami tertinggal dengan skor 0-2 lewat 2 sepakan yang mengarha ke gawang pertama, walau kami miliki kesempatan paling oke lewat open play dan De Gea bikin pertolongan yang baik,” kata Ventura.

Taktik yang digunakan oleh Ventura ketika berhadapan dengan Spanyol menjadi sorotan. Dalam laga itu, Ventura cuma gunakan 2 pemain gelandang yaitu Daniele De Rossi dan Marco Verratti dalam formasi 4-2-4.

Walau begitu, Ventura indikasikan kalau dia tidak bakal rubah formasinya tersebut. Dia percaya kalau Italia dapat raih pelajaran dari hasil buruk ini.

“Kami melangsungkan proyek dan 1 laga tak dapat merubahnya. Permasalahan yang mendasar ialah seperti apa yang kami dan ingin menjadi apa kami. Ini merupakan sebuah pengalaman, kami bakal lakukan analisis apa yang dapat kami pelajari dari hal ini dan seperti apa kami dapat alami kemajuan,” sambung Ventura.

“Kalau sebuah laga memukul rasa percaya diri kami, hal tersebut artinya kami tak kompetitif, maka saya tak percaya hal tersebut,” imbuh dia.

Hasil negatif ini bikin Italia tidak pindah dari urutan kedua di klasemen Grup G dengan mengumpulkan 16 poin lewat 7 laga, tertinggal 3 poin dari Spanyol. Gianluigi Buffon dan para rekannya. berikutnya bakal berhadapan dengan Israel pada hari Selasa (5/9/2017).

Sharing is caring!