Guendogan Kembali Membandingkan Gaya Pep Guardiola dan Juergen Klopp

Pep Guardiola dan Juergen Klopp

Ilkay Guendogan kembali membandingkan gaya kepelatihan Pep Guardiola dan Juergen Klopp. Menurut gelandang Manchester City itu, tak ada pelatih lain yang seperti Guardiola.

Guendogan menjadi anak buah Guardiola setelah pindah ke City di bursa transfer musim panas lalu. Dia sebelumnya pernah dilatih Klopp saat masih berkostum Borussia Dortmund.

Sayangnya, Guendogan harus melewatkan kesempatan bereuni dengan Klopp — yang sekarang menangani Liverpool — pada akhir bulan ini. Gelandang timnas Jerman itu mengalami cedera lutut parah sehingga harus absen saat City dijamu Liverpool di Anfield, 31 Desember mendatang.

Menurut Guendogan, Guardiola dan Klopp punya gaya masing-masing. Akan tetapi, ketelitian Guardiola dalam mempersiapkan tim sebelum pertandingan membuat pelatih asal Spanyol itu jadi berbeda.

“Keduanya adalah pelatih kelas dunia dengan kualitas masing-masing. Keduanya sangat bergairah meski dengan cara yang berbeda,” ujar Guendogan kepada Sport Bild.

“Pep memikirkan soal setiap situasi berbeda dan punya solusinya. Tak ada pelatih yang seperti dia,” tambahnya.

“Pep punya karisma yang hebat. Setiap orang yang mengenalnya melihat bahwa sepakbola yang dia usung selalu dominan dan dia selalu sukses,” tutur Guendogan.

“Kloppo bisa melakukan sangat banyak hal. Dia bisa memikat orang, membuat mereka tertawa, jadi Anda akan sangat cepat menjadi penggemarnya,” katanya.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *