Gelar Juara Copa Sudamericana diberikan kepada Chapecoense

Gelar Juara Copa Sudamericana diberikan kepada Chapecoense

Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) diklaim sudah setuju untuk memberikan gelar juara Copa Sudamericana kepada Chapecoense.

Hal itu dikatakan oleh Ivan Tozzo, yang kini menjadi presiden sementara dari klub Brasil yang timnya mengalami kecelakaan pesawat tragis pada awal pekan ini.

Tidak kurang dari 71 orang menjadi korban tewas dalam kecelakaan tersebut, termasuk mayoritas tim utama Chapecoense, beserta pelatih, staf, dan ofisial klub, yang sejatinya hendak menuju Kolombia untuk menjalani partai leg pertama Copa Sudamericana.

“CONMEBOL sudah menyatakan bakal memahkotai Chapecoense sebagai kampiun dari Copa Sudamericana,” kata Tozzo kepada TV Globo yang dikutip Soccerway.

“Klub juga akan menerima uang hadiah dua juta dolar. Semuanya sudah resmi. Saya tak tahu apakah akan ada acara seremonial untuk menerima pialanya,” lanjutnya.

Acara penghormatan terakhir terhadap para korban tewas telah dilakukan di kota Chapeco, dengan seluruh prosesinya berlangsung di bawah nuansa kelabu dan guyuran hujan deras.

Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez, Pelatih timnas Brazil Tite, Presiden Brasil Michel Temer, dan Presiden FIFA Gianni Infantino dinyatakan turut hadir langsung di Stadion Chapecoense untuk mengikuti jalannya penghormatan terakhir itu.

“Kami menerima banyak dukungan dari seluruh federasi. CBF, CONMEBOL, FIFA, dan terutama dari masyarakat Chapeco. Sekarang kami akan membangun ulang tim. Orang-orang di Chapeco menginginkan dan cinta sepakbola. Oleh karena itu kami harus terus maju,” ujar Tozzo.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *