Freekick: Anomali Memphis Depay

Depay

Musim ini bersama Manchester United, nasib Depay bisa dikatakan teramat suram. Maklum, dia tak menjadi pilihan utama di bawah kepemimpinan pelatih anyar the Red Devils, Jose Mourinho.

Seperti dikutip dari laman WhoScored, Senin (14/1), secara kumulatif mantan pemain PSV Eindhoven tersebut hanya tampil dalam enam laga. Dan keseluruhannya hanya dimulai dari bangku cadangan.

Situasi lebih baik tentu dialami Depay pada musim lalu. Ketika itu, ia tampil pada 23 laga dengan raihan lima gol.

Mengapa Depay gagal merebut tempat di tim utama United? Ini tak lepas dari keputusan Mourinho yang lebih memilih Marcus Rashford atau Anthony Martial untuk mengisi posisi winger kiri.

Selain Rashford dan Martial, persona lain yang juga ditempatkan untuk membelah sisi kanan pertahanan lawan adalah Jesse Lingard. Jika demikian, maka tak heran durasi waktu tampil Depay terbatas.

Meski kariernya bisa dikatakan suram bersama Iblis Merah, situasi sebaliknya tak terlihat pada kiprah Depay di tim nasional Belanda. Di bawah asuhan Danny Blind, pemain 22 tahun itu jadi andalan di lini serang Negeri Tulip.

Bersama senior-seniornya, yaitu Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Maarten Stekelenburg serta rekan-rekan seangkatannya, yakni Georginio Wijnaldu, Davy Klaassen, dan Daley Blind, Depay mencoba membawa Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Sejauh ini, semifinalis Piala Dunia 2014 itu berada di urutan kedua klasemen sementara grup A dengan raihan tujuh poin.

Tertinggal tiga angka dari pemuncak klasemen, yaitu Prancis. Sumbangsih Depay untuk negaranya terbilang positif.

Total tujuh laga sudah dilakoninya sepanjang tahun ini. Terbaru, pria kelahiran Moordrecht ini sukses membukukan dua gol tatkala Belanda membungkam tuan rumah Luxemburg 1-3, Senin (14/11).

Gol-gol tersebut terjadi pada menit ke 58 dan 84. Media-media olahraga internasional menyebut Depay sukses membawa Belanda terhindar dari peristiwa memalukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *