FIFA Tetapkan Aturan Drawing di Piala Dunia 2018 Rusia

FIFA secara resmi menetapkan aturan drawing Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Keputusannya adalah terdapat aturan 32 tim yang melaju ke babak final akan masuk dalam 4 pot, dari ranking yang ditentukan Oktober 2017 nanti. Itu artinya, sepertinya terdapatnya grup neraka semakin besar.

Sebelumnya, hingga Piala Dunia 2014 di Brazil, FIFA memiliki peraturan drawing sendiri. Yakni hanya Pot 1 atau pot unggulan dengan tujuh timnas yang tentunya mempunyai ranking FIFA tertinggi, ditambah dengan tim tuan rumah. Di sisi lain, terdapat 24 negara lain dari konfederasi masing-masing.

Pada Piala Dunia 2014 silam, pot 1 yakni tim unggulan, pot 2 yakni timnas dari Afrika dan Amerika Selatan, pot 3 yakni negara Asia dan Amerika Utara-Tengah, serta pot 4 yakni negara Eropa.

Langkah ini menjadikan pihak Federasi mudah untuk mengundi grup, sehingga tak akan ada dua negara dari konfederasi yang sama masuk ke grup yang sama, kecuali UEFA dengan 13 tim.

Namun di Piala Dunia 2018 nanti, semua negara akan diposisikan berdasarkan ranking FIFA di Oktober 2017. Dengan begitu, timnas akan diacak. Namun, pihak federasi tidak akan menjadikan dua negara dari konfederasi yang sama di grup yang sama.

Sehubungan dengan ini, tim yang akan bergabung di pot 1 yakni Rusia sebagai tuan rumah. Selanjutnya Brazil, yang sudah masuk tujuh besar dari jumlah poin, dengan Jerman, Argentina, Portugal, dan ditambah tiga negara lain yang belum disebutkan.

Di sisi lain, Pot 2 akan diisi negara yang tangguh. Setidaknya yang dipastikan bergabung di pot ini yakni Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol. Dengan kasus ini, kesempatan adanya grup yang berisi Argentina-Inggris, Brazil-Spanyol, atau Jerman-Italia, cukup tinggi.

Sharing is caring!