Everton Permalukan Diri Sendiri

Roberto Martinez membenarkan bahwa Everton tampil amat buruk ketika kalah telak dari Liverpool 0-4. Tidak hanya hasil, penampilan Romelu Lukaku cs. dinilai memalukan.

Everton tumbang empat gol tanpa balas pada partai derby Merseyside di Anfield, Kamis (21/4/2016) dinihari WIB tadi, setelah dijebol Divock Origi, Mamadou Sakho, Daniel Sturridge, dan Philippe Coutinho. Namun kelengahan jelang paruh pertama berakhir membuat gawang mereka bobol Origi dan Sakho.

Dilihat dari statistik Everton memang bermain jelek. Mereka hanya mengumpulkan 34 persen penguasaan bola dan persentase umpan tepat sebesar 65 persen, cuma melancarkan tiga peluang tanpa satu pun yang on target.

Ini tentu saja jauh dibawah statistik Liverpool. Akurasi umpan Daniel Sturrigde dkk. mencapai 87 persen. 37 kali melepaskan attempts dengan 13 di antaranya tepat sasaran.

“Sebuah performa yang amat sangat buruk. Pertandingan diawali dengan maksud terbaik namun menjelang jeda kami kehilangan hal-hal dasar dab melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan,” kata Martinez dikutip Sky Sports.

Performa buruk The Toffes juga dipengaruhi dengan nasib sial dan kecerobohan. Martinez harus menaik keluar Gareth Barry akibat cedera. Sesudah itu Ramiro Funes Mori dikartu merah wasit pada menit ke-50 lantaran melanggar keras Divock Origi. Musibah Everton bertambah saat umpan John Stones salah umpan sehingga berujung gol ketiga Liverpool melalui kaki Sturridge.

Tekel yang dilakukan Funes Mori menjadi insiden yang paling disorot lantaran pelanggarannya sampai-sampai membuat Origi cedera parah sehingga harus ditandu keluar.

“Mungkin ini kali pertama Ramiro ikut dalam pertandingan seperti ini dan dirinya terbawa suasana. Saya memahami kartu merha tersebut. Namun saya merasa secara keseluruhan kami gagal mengontrol emosi dari laga ini dan tak mengatasi diri sendiri dengan baik,” sambung Martinez.

“INi merupakan laga besar, maka harusnya kami tak butuh banyak motivasi. Sudah tentu kami akan kecewa untuk dalam waktu yang lama, semoga kami sudah siap menghadapi pertandingan akhir pekan nanti.”

Sharing is caring!