City Siap Main Lebih Direct

City Siap Main Lebih Direct

Manchester City bisa saja memodifikasi gaya permainan mereka. The Citizens akan melakukannya jika hal itu berarti mereka punya pertahanan yang lebih solid.

Saat mengalahkan Watford 2-0 pada Rabu (14/12) lalu, City mendapatkan clean sheet pertamanya dalam sembilan laga terakhir di semua kompetisi. Meski City punya lini depan yang tajam, mereka masih harus membenahi pertahanan yang kurang solid.

Gaya bermain City di bawah arahan Pep Guardiola memang menuntut para pemain belakang, bahkan kiper, untuk ikut membantu serangan. Bek tengah John Stones dan Nicolas Otamendi seringkali melewati garis tengah dan mengirimkan umpan ke pemain-pemain di depan mereka.

Namun, cara bermain seperti itu juga berisiko. City sering kalah gara-gara kemasukan gol-gol yang bermula dari serangan balik kilat lawan. Laga melawan Chelsea di Etihad Stadium beberapa waktu lalu adalah contohnya.

Oleh karena itulah, City siap berkompromi dan tak selalu keukeuh dengan gaya main andalan mereka. Jika memang diperlukan, mereka akan bermain lebih direct dan mengirimkan umpan-umpan panjang dari belakang.

“Kami bermain direct saat dibutuhkan dan kami membangun serangan dari belakang ketika ada peluang bagus untuk bermain dari Claudio Bravo,” ujar bek City, Pablo Zabaleta, seperti dikutip Sky Sports.

“Kami harus merespons situasi-situasi itu di mana kadang-kadang kami perlu memainkan umpan-umpan panjang dan juga mengejar bola kedua. Di liga ini, Anda membutuhkan hal ini, ini sangat menuntut fisik. Anda harus kuat sebagai seorang bek dan Anda harus sangat solid.

“Kami sudah bicara dalam beberapa hari terakhir, bahwa kami harus membenahi pertahanan. Kami mencatat clean sheet, kami solid di lini belakang, dan itu adalah sebuah perbedaan besar.

“Saya pikir masalah utamanya adalah kami terlalu banyak terkena serangan balik dan kami harus lebih berkonsentrasi pada bola-bola itu. Saya pikir kami sangat berkonsentrasi di sepanjang pertandingan melawan Watford, memenangi bola-bola panjang, sangat agresif di lini belakang, memenangi semua duel.

“Itulah yang Anda butuhkan sebagai seorang bek, dan sebagai sebuah tim Anda butuh determinasi dan hasrat untuk memenangi duel dan tekel. Anda harus siap untuk ini dan kami punya pemain-pemain yang bisa menghadapinya,” kata Zabaleta.

City kini menempati posisi keempat di klasemen Premier League dengan 33 poin dari 16 laga. Mereka akan menjamu Arsenal di Etihad Stadium pada Minggu (18/12/2016) mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *