Cedera Coutinho Jadi Ujian Awal Klopp Musim Ini

Cedera Coutinho

Perjalanan Liverpool di musim in relatif tak banyak gangguan. Ujian awal The Reds dimulai ketika mereka harus mengatasi absennya Philippe Coutinho.

Coutinho divonis mengalami cedera pada engkelnya dan kemungkinan absen sebulan ke depan. Ada delapan laga yang bakal dilewatkan termasuk saat menghadapi Manchester City pertengahan Desember mendatang.

Coutinho pun kini diburu waktu untuk bisa pulih tepat waktu sebelum laga tandang ke Old Trafford menghadapi Manchester United 15 Januari mendatang

Kehilangan Coutinho ini tentu memukul Liverpool dan terutama sang manajer Juergen Klopp yang mau tak mau harus memutar otak untuk mengatasi absennya pemain asal Brasil itu. Pasalnya Coutinho begitu penting untuk permainan Liverpool musim ini dengan torehan 5 gol dan 5 assist di Premier League.

Ini bakal jadi ujian untuk Liverpool terkait eksistensi mereka di papan atas Premier League musim ini. Saat ini ‘Si Merah’ duduk di posisi kedua klasemen dengan 30 poin dari 13 pertandingan.

“Jika manajer lawan ingin ada satu pemain Liverpool yang harus dicoret maka itu Coutinho. Dia adalah otak dari permainan tim Juergen Klopp dan membuat mereka begitu oke,” ujar mantan pemain Liverpool, Jamie Redknapp, dalam kolomnya di Daily Mail.

“Ini adalah cedera berat pertama yang harus dialami Liverpool dan itu terjadi tidak di waktu yang tepat dengan jadwal sibuk di Desember sudah menunggu,” sambungnya.

“Ini adalah ujian nyata pertama yang harus dihadapi anak asuh Klopp.”

Redknapp yang pernah jadi kapten Liverpool di era 90-an itu punya saran untuk Klopp terkait mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Coutinho.

Apalagi persentase kemenangan Liverpool tanpa Coutinho termasuk cukup tinggi sejak 2013/2014 yakni 50 persen, berbanding 55 persen saat si pemain ada di dalam tim.

“Klopp mungkin harus mengubah cara Liverpool bermain. Roberto Firmino bisa diubah perannya dan menjadi playmaker dengan Divock Origi sebagai striker,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *