Catatan Indonesia di Semifinal Piala AFF

Catatan Indonesia di Semifinal Piala AFF

Tim nasional Indonesia sudah tujuh kali melaju ke babak semifinal Piala AFF. Skuat ‘Garuda’ mempunyai catatan yang cukup oke di babak empat besar.

Dalam 10 edisi Piala AFF yang sudah digelar, Indonesia tujuh kali mampu melaju ke semifinal. Setelah gagal melaju ke babak empat besar sejak 2010, tim ‘Merah-Putih’ bisa lolos dari fase grup di tahun ini.

Kesuksesan pertama Indonesia melaju ke babak semifinal pertama, dicapai di gelaran pertama Piala AFF tahun 1996. Kala itu, Indonesia gagal ke final karena kalah dari dari Malaysia.

Indonesia terhenti di dua edisi lain saat berlaga di Piala AFF di tahun 1998 dan 2008. Di tahun 1998, Indonesia dihentikan oleh Singapura usai kalah 1-2.

Di edisi ini, Indonesia juga menanggung malu karena skandal sepakbola gajah melawan Thailand. Indonesia akhirnya menempati posisi tiga usai menang adu penalti atas Thailand.

Sementara di semifinal AFF 2008, Indonesia disingkirkan oleh Thailand. Di laga semifinal yang sudah menggunakan sistem home and away itu Indonesia kalah dengan agregrat 1-3.

Indonesia mampu menjejak ke semifinal tiga kali beruntun di Piala AFF 2000, Piala AFF 2002, dan Piala AFF 2004, yang semuanya lolos ke babak puncak. Sial bagi Indonesia, mereka belum berhasil menjadi juara dalam ketiga kesempatan itu.

Terakhir kali Indonesia lolos ke babak empat besar, terjadi di Piala AFF 2010. Kala itu, mereka menyingkirkan Filipina. Sama halnya dengan tiga final sebelumnya, Indonesia gagal menjadi juara.

Indonesia sudah sekali berhadapan dengan Vietnam di laga empat besar. Perjumpaan itu terjadi di musim 2000, saat itu Indonesia menang dengan skor 3-2.

Pertandingan yang berlangsung di Rajamangala Stadium, Bangkok, pada 16 November 2000 silam, harus diselesaikan hingga babak tambahan waktu.

Dua gol Indonesia dicetak oleh Gendut Doni Christiawan, satu lainnya dibukukan Seto Nurdiantoro. Sementara gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Hong Son dan Vu Cong Tuyen. Saat ditaklukkan Indonesia kala itu, Vietnam masih ditangani Alfred Riedl.

Rekor Indonesia di Semifinal Piala AFF:

1996 – Terhenti di Semifinal
1998 – Terhenti di semifinal
2000 – Ke Final
2002 – Ke Final
2004 – Ke Final
2008 – Terhenti di Semifinal
2010 – Ke Final

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *