Borussia Dortmund Memastikan Diri Jadi Juara Grup

Borussia Dortmund Memastikan Diri Jadi Juara Grup

Borussia Dortmund tak hanya lolos sebagai juara di fase grup Liga Champions, tapi juga jadi tim tertajam di fase tersebut dengan 21 golnya.

Dortmund memastikan diri jadi juara grup usai menahan imbang 2-2 Real Madrid di Santiago Bernabeu, Kamis (8/12/2016) dinihari WIB, pada laga terakhir Grup F.

Sempat tertinggal 0-2 lebih dulu akibat dua gol Karim Benzema, Dortmund bangkit untuk membawa pulang satu poin lewat gol-gol Pierre-Emerick Aubameyang dan Marco Reus. Dortmund finis posisi pertama dengan 14 poin, unggul dua angka dari runner-up Madrid.

Kelolosan sebagai juara grup terasa makin lengkap untuk Dortmund setelah mereka menobatkan diri sebagai tim paling tajam sepanjang sejarah fase grup Liga Champions.

Ada 21 gol dibuat pasukan Thomas Tuchel itu dari enam pertandingan berlalu atau rata-rata 3,5 gol. Dortmund lebih tajam dari Madrid di musim 2013/2014 serta Barcelona di musim 2011/2012 dan 2016/2017, lalu Manchester United di musim 1998/1999, yang mencetak 20 gol.

Dua kemenangan terbesar didapat atas Legia Warsawa dengan skor 6-0 (tandang) dan 8-4 (kandang) dengan total 14 gol. Sisa tujuh gol di antaranya adalah empat gol ke gawang Madrid dan tiga gol ke gawang Sporting CP.

Tak ada pemain yang dominan menyumbang 21 gol tersebut karena Dortmund membaginya nyaris rata ke 14 pemain. Aubameyang pun hanya bikin tiga gol disusul Reus dan Shinji Kagawa dengan dua gol. Demikian dikutip situs resmi UEFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *