Barcelona Imbang dengan Real Madrid

Barcelona Imbang dengan Real Madrid

Kedua kesebelasan berbagi angka satu poin setelah bermain imbang 1-1. Gol Sergio Ramos pada menit ke-90 menyelamatkan Madrid dari kekalahan karena Barca unggul lebih dulu lewat gol Luis Suarez pada menit ke-53.

Akan tetapi, secara keseluruhan laga ini sebenarnya bisa dibilang kurang menarik. Gol baru terjadi pada babak kedua. Selain itu kedua gol juga diciptakan dari skema bola mati, atau lebih tepatnya eksekusi tendangan bebas yang disambut sundulan.

Barcelona dan Real Madrid memang cukup kesulitan menciptakan peluang pada laga ini, khususnya pada babak pertama. Namun pada babak kedua menjadi lebih menarik setelah kedua pelatih, Luis Enrique dan Zinedine Zidane melakukan perubahan.

Pada susunan pemain, Barcelona tidak menurunkan kapten Andres Iniesta sejak menit pertama. Sebagai gantinya, ada Ivan Rakitic ditemani Andre Gomes di lini tengah. Formasi 4-3-3 tetap dipraktikkan Enrique pada laga ini.

Sementara itu Real Madrid yang harus bermain tanpa Gareth Bale karena cedera mengisinya dengan Lucas Vazquez. Casemiro yang sudah pulih dari cedera pun baru bermain pada pertengahan babak kedua. Lini tengah dihuni oleh Mateo Kovacic, Luka Modric, dan Isco Alarcon.

Secara penguasaan bola, Barcelona memang unggul dari Real Madrid. Sepanjang pertandingan, Barcelona lebih sering memainkan bola ketimbang Real Madrid. Di akhir pertandingan, Barcelona unggul penguasaan bola sebesar 55% berbanding 45%.

Namun jika berbicara peluang, Real Madrid yang mengandalkan serangan balik justru lebih sering mengancam lini pertahanan Barcelona pada laga ini. Pada 45 menit pertama, ketika Real Madrid berhasil melancarkan tujuh tembakan, Barca baru mencetak empat tembakan saja.

Padahal lini tengah Real Madrid seringkali lengah pada laga ini. Barcelona pun sering memanfaatkan celah yang ada di trio gelandang Real Madrid untuk menciptakan peluang. Tapi minimnya kreativitas, meski ada Rakitic dan Gomes, membuat trio MSN (Lionel Messi-Luis Suarez-Neymar) tak mendapatkan peluang yang cukup terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *