Bali United Sempat Juara Liga 1 di ‘Mata’ FIFA

Kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2017 memang telah berakhir, dengan Bhayangkara FC yang berhasil memenangkan trofi juara meski dikalahkan Persija dengan skor akhri 2-1 di laga Pamungkas. Tapi ada momen unik yang sempat terekam, dimana pada situs resmi FIFA, yang menjadi kampiun Liga 1 Indonesia justru adalah Bali United FC.

Bali United Sempat Juara Liga 1 di 'Mata' FIFA

Sebagaimana diketahui, pada laga pamungkasnya, Tim Arahan Widodo Cahyono Putro memang berhasil mengemas tiga poin penuh berkat kemenangan telak 3-0 atas Persegres Gresik United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada minggu malam (12/11) waktu setempat. Kemenangan tersebut membuat Serdadu Tridatu sukses mengemas total 68 poin, jumlah yang sama dengan Bhayangkara FC, hanya saja, tim arahan McMenemy unggul head to head, sehingga mereka berhak atas Trofi Juara.

Perayaan gelar juara bahkan sudah dilakukan oleh Bhayangkara FC di Markas Persija Jakarta, namun ada suatu hal unik yang terekam di situs resmi FIFA. Pada klasemen akhir Liga 1 di situs resmi FIFA, terlihat jelas Bali United menghuni posisi puncak klasemen dengan keunggulan dua poin atas Bhayangkara. Akan tetapi, tak lama berselang, klasemen tersebut berubah, dengan Bhayangkara yang menghuni posisi puncak.

Mengenai hal ini, beragam spekulasi pun bermunculan, termasuk salah satunya adalah belum masuknya putusan sanksi komdis PSSI terkait dengan penambahan poin untuk Bhayangkara FC terkait laga melawan Mitra Kukar yang sebenarnya berakhir imbang.

Komdis memberi kemenangan 3-0 pada Bhayangkara usai pihak Mitra Kukar melanggar aturan dengan memainkan Mohamed Sissoko di laga tersebut. Sissoko harusnya absen karena menjalani sanksi larangan bermain.

Sementara itu, hasil akhir kompetisi Liga 1, selain memastikan Bhayangkara FC sebagai juara, juga menetapkan tiga tim akan terdegradasi ke Liga 2. Tiga tim tersebut yakni Persegres Gresik United, Persiba Balikpapan dan Semen Padang.

Sharing is caring!