Alfred Riedl Semakin Dekat Dengan Indonesia

 Alfred Riedl

Pada akhir Mei 2016, setelah Indonesia dinyatakan bebas dari skorsing FIFA, Alfred Riedl dikontak PSSI untuk menangani Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2016. Butuh waktu sepekan bagi pelatih asal Austria untuk memutuskan mengiyakan kembali ke Indonesia.

Alfred Riedl, pelatih yang sangat dekat dengan Timnas Indonesia, khususnya Piala AFF. Sudah tiga edisi dia mengawal skuat Garuda pada ajang tahunan paling top Asia Tenggara, yakni edisi tahun 2010, 2014, lalu 2016.

Tiga episode bersama Tim Merah-Putih di Piala AFF membuatnya merasa dekat dengan Indonesia. Pelatih kelahiran Wina, Austria, 2 November 1949 menyebut, melatih Indonesia adalah ‘proyek’ tersulit yang dia rasakan sepanjang 26 tahun berkarier menjadi pelatih.

“Selama 18 tahun lalu saya melatih di Asia Tenggara, ada firasat yang berbeda ketika saya tiba di Indonesia. Bila Anda bertanya apakah saya ditakdirkan berada di Indonesia untuk waktu yang lama, mungkin iya dan sekarang sudah terjadi,” ucap Alfred Riedl.

Tahun 2010, Alfred Riedl membuat keputusan melatih Timnas Indonesia. Dia mengaku penasaran semenjak menangani Laos pada SEA Games 2009. Laos mengalahkan Indonesia 2-0 dalam babak penyisihan grup. Laos lolos ke semifinal, namun gagal meraih medali emas. Tepat setahun setelah SEA Games Laos, Alfred resmi menjadi pelatih Indonesia.

“Di Indonesia saya merasakan sulit membentuk timnas yang kuat. Negara ini besar dan banyak perbedaan di masyarakat. Saya mengalami kendala ketika memanggil pemain dari Papua, mereka harus menempuh perjalanan mungkin bisa sampai satu hari berikutnya,” imbuhnya.

“Salah satu yang membuat saya bersyukur adalah bisa mengenal masyakarat negara ini lewat Timnas Indonesia yang punya latar belakang berbeda, dari agama maupun ras. Ini membuat saya merasa sudah mengenal semua orang di dunia,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *