Alfred Riedl: Salah SatuPemain Andalan di Posisi Tertentu

Alfred Riedl

Pelan namun pasti, Alfred Riedl mulai melengkapi kepingan puzzle pemain pilihannya di Timnas Indonesia yang akan diboyong ke Filipina untuk mengarungi duel-duel keras penyisihan Grup A Piala AFF 2016.  Hanya bisa mengandalkan 23 pemain saja, mentor asal Austria itu kudu cermat memilih pemain-pemain yang ia yakini bisa menjalankan skema bermain yang ia siapkan.

Menjadi sebuah kewajaran jika seorang pelatih menyiapkan pemain-pemain pelapis di setiap posisi. Namun, tentu tidak mudah mencari pemain serep dengan kualitas sepadan, jika melihat kondisi terkini sepak bola Indonesia.

Alfred tidak diizinkan menggunakan lebih dari dua pemain dari tiap-tiap klub saat menjalankan pelatnas, dengan alasan kompetisi Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo tengah berjalan. Konsekuensinya, sang pelatih tidak punya banyak opsi memilih pemain sesuai keinginannya. Kebebasan berkreasinya juga terkekang karena hal tersebut.

Akan tetapi sebagai pelatih yang kenyang pengalaman, Alfred cukup cerdik mengatasi keterbatasan SDM pemain. Hingga uji coba ketiga, terbukti kualitas pemain-pemain pilihannya di skuat Timnas Indonesia tidaklah mengecewakan. Timnas sukses meraih kemenangan telak 3-0 atas Malaysia serta meraih hasil imbang 2-2 kontra Vietnam serta 0-0 versus Myanmar.

Ada hal unik yang dilakukan Alfred Riedl saat melakukan proses seleksi pemain. Ia tidak membiarkan skuatnya berisi pemain-pemain yang karakter permainannya beda satu sama lain.

Di beberapa posisi tertentu, arsitek kelahiran Wina, 2 November 1949 tersebut terlihat memilih pemain yang dengan style sama. Terlihat kalau Alfred Riedl amat konservatif dalam mengusung patron permainan sesuai yang ia inginkan.

Ia ingin strategi pilihannya berjalan mulus dengan kehadiran pemain-pemain berkarakter sama. Ibarat kata saat salah satu pemain andalan di posisi tertentu cedera atau absen karena hukuman kartu, ia tidak perlu pusing mencari penggantinya. Pemain “kembar” dengan gaya sama disiapkan untuk tampil di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *